Hakekat manajemen

MATERI BELAJAR OMPE DASAR,  OLEH : MULYO WIHARTO

LEKTOR KEPALA, UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA

  • Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Stoner).
  • Manajemen mempunyai makna yang lebih sempit dibanding dengan administrasi, namun ada pula yang berpendapat bahwa manajemen lebih luas dibandingkan dengan manajemen, disamping ada pula yang menyamakan makna manajemen dengan administrasi.
  • Manajemen lebih sempit dibandingkan dengan administrasi : Manajemen adalah inti administrasi  yang merupakan  proses kerja sama antara 2 orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Manajemen lebih sempit dibandingkan dengan administrasi : Administrasi adalah  kegiatan kerja sama secara rasional yang tercermin melalui pengelompokkan kegiatan menurut fungsi yang dilakukan, sedangkan manajemen  menjalankan fungsi-fungsi tersebut (Dwight Waldo).
  • Manajemen lebih luas dibandingkan dengan administrasi : Manajemen adalah merumuskan kebijakan, sedangkan pekerjaan administrasi melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan  tersebut (Samuel Levey).
  • Manajemen lebih luas dibandingkan dengan administrasi :lAdministrasi adalah pekerjaan catat mencatat berbagai keterangan yang diperlukan dalam usaha kerjasama, (menghimpun, mencatat, mengolah,  menggandakan, mengirimkan, menyimpan (The Liang Gie). Manajemen adalah kemampuan memperoleh suatu hasil melalui kegiatan orang lain dalam rangka mencapai tujuan (Sondang P. Siagian).
  • Manajemen sama dengan administrasi : Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan  untuk memperoleh suatu hasil melalui kegiatan orang lain dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya (Sondang P. Siagian). Administrasi adalah upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan mempergunakan orang lain (G.R. Terry).
  • Manajemen dan Administrasi digunakan secara bergantian untuk kegiatan yang sama (Azrul Azwar). Fungsi-fungsi manajemen dan administrasi : planning, organizing, motivating, dan controlling.
  • Fungsi-fungsi administrasi dan manajemen : George R. Terry :  Planning, Organizing, Actuating,  Controlling (POAC), Henry Fayol : Planning :  Organizing,  Comanding,  Coordinating,  Controlling (POCCC) ,H. Koontz & C. Donnel : Planning,  Organizing,  Staffing, Directing, Controlling (POSDiCo),Luther M. Gullick :  Planning, Organizing, Staffing,  Directing, Coordinating, Reporting,  Budgeting (POSDiCoRB),  John F. Mee : Planning, Organizing, Motivating dan Controlling (POMC) dan S.P. Siagian : Planning, Organizing, Motivating, Controlling,  Evaluating (POMCE). Pendapat-pendapat para ahli tentang fungsi administrasi dan manajemen memiliki keseragaman cara berpikir, dan tidak memiliki perbedaan yang bermakna, melainkan perbedaannya hanya pada situasi dan trend of thought.
  • Semua pendapat menyatakan bahwa fungsi-fungsi administrasi dan manajemen terdiri dari fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Ini sesuai denngan pendapat Stoner yang menyebutkan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>