MATERI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN, OLEH : MULYO WIHARTO
LEKTOR KEPALA, UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA
.
Bahan presentasi dosen : ESA142 tujuan bisnis
- Formulasi tujuan perlu dilakukan sebelum membuat rencana usaha secara rinci
- Tujuan (goal) adalah sasaran (objective) yang diharapkan dan direncanakan untuk dicapai suatu bisnis
-
Tujuan ditetapkan untuk memberikan arah dan panduan bagi manajer di semua tingkatan, membantu perusahaan mengalokasikan sumber daya dan membantu manager menilai kinerjanya
-
Tujuan terdiri dari pernyataan misi ((Mission Statement), tujuan jangka panjang, menengah dan pendek.
- Pernyataan misi adalah suatu pernyataan bagaimana perusahaan akan mencapai maksudnya di lingkungan tempat menjalankan bisnis. Misi ditetapkan oleh Dewan Direksi.
- Tujuan jangka panjang umumnya lima tahun (sesuai periode jabatan seseorang). Tujuan ini ditetapkan oleh Dewan Direksi dan manajer puncak.
- Tujuan jangka menengah adalah satu tahun. Tujuan ini ditetapkan oleh manajer puncak dan menengah.
- Tujuan jangka pendek paling lama adalah satu tahun. Tujuan ini ditetapkan oleh manajer menengah dan lini pertama.
- Tujuan ditetapkan menggunakan pola SMART (Specific, Measurable, Achieveable, Realistic, Timebound)
- Specific (khusus) artinya tujuan yang ditetapkanharus fokus, jelas dan dirumuskan secara tertulis
- Measurable (dapat diukur) artinya terukur dengan suatu kriteria keberhasilan, baik kuantitatif ataupun kualitatif
- Achieveable (dapat dicapai), artinya dapat tercapai sesuai kemampuan atau ada seseorang yang pernah mencapainya,
- Realistic (realistis), artinya sesuai degan keadaan, tidak terlalu mudah namun juga tidak terlalu sulit
- Timebound (batas waktu), artinya ada batasan waktu untuk mencapainya, baik jangka pendek, menengah ataupun panjang